SISTEM MANAJEMEN MUTU BENIH DAN BIBIT (ISO 9001)

SISTEM MANAJEMEN MUTU BENIH DAN BIBIT (ISO 9001)

Nama Lembaga Sertifikasi : Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu Benih & Bibit (LSSM Bebi).

Status : Terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional

Ruang lingkup : Pertanian, Perikanan

Nomor sertifikat : LSSM-028-IDN

Sebagai dampak berkembangnya perbenihan di Indonesia diantaranya adalah meningkatnya kesadaran petani dalam menggunakan benih bermutu dan bertambahnya jumlah produsen benih yang melakukan aktivitasnya dalam proses produksi benih. Bertambahnya jumlah produsen benih akan berakibat tingkat persaingan antar produsen benih semakin ketat. Hanya produsen benih dengan produk yang berkwalitas yang akan dapat menggaet para konsumen benih dan produsen benih yang hanya dengan produk kualitas rendah akan tersingkir secara alami. Salah satu strategi agar produk yang dihasilkan berkualitas adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM). Selain itu dengan menerapkan SMM, produsen benih yang bersangkutan dalam proses produksi benih, pengawasannya bisa dilakukan sendiri tanpa harus diawasi oleh pihak ketiga.

Berdiri sejak tahun 2010 dengan nama LSSM-Bebi, merupakan lembaga sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yang dapat memberikan sertifikat kepada pelanggan yaitu produsen benih khususnya padi, jagung, dan kedelai dan tanaman hortikultura, yang telah memenuhi standar ISO 9001-2008. LSSM Bebi telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), sejak bulan Juni 2010.

Keberadaan LSSM Bebi didedikasikan untuk percepatan pengembangan industri benih Nasional melalui pelayanan penilaian terhadap produsen benih yang telah memproduksi benih varietas unggul sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.